Senin, 28 November 2011

Hepatitis – Radang Pada Hati

Hepatitis adalah suatu istilah yang merujuk pada suatu peradangan hati tanpa penentuan penyebab tertentu. Seseorang dengan hepatitis dapat memiliki salah satu dari beberapa gangguan, termasuk infeksi virus atau bakteri hati, mengalami luka hati yang disebabkan oleh toksin (racun) atau disebabkan oleh gangguan suplai darah normal organ, serangan oleh sistem kekebalan tubuh sendiri melalui gangguan autoimun atau bisa juga akibat riwayat trauma perut di daerah hati.
Penyakit hepatitis ini paling sering disebabkan oleh salah satu dari tiga virus:

Penyakit Hepatitis A

Pada anak-anak, bentuk yang paling umum dari hepatitis adalah hepatitis A (juga disebut hepatitis menular). Hal ini ini disebabkan oleh virus hepatitis A (HAV) hidup dalam tinja (kotoran) dari individu yang terinfeksi. Tinja yang terinfeksi dapat hadir dalam jumlah kecil di makanan dan pada objek (dari pegangan pintu).
Penyebaran disebabkan oleh :
  • Ketika seseorang terkontaminasi dengan tinja yang terinfeksi HAV
  • Dalam air, susu, dan makanan, terutama dalam kerang yang telah terkontaminasi
Karena hepatitis A dapat menjadi infeksi ringan, terutama pada anak-anak, mungkin bagi sebagian orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit. Bahkan, meskipun tes medis menunjukkan bahwa sekitar 40% memiliki hepatitis A, hanya sekitar 5% yang terinfeksi penyakit hepatitis. Meskipun hepatitis virus A dapat menyebabkan sakit yang berkepanjangan sampai 6 bulan, biasanya hanya menyebabkan penyakit hepatitis berumur pendek dan tidak menyebabkan penyakit hati kronis.

Penyakit Hepatitis B

Hepatitis B (juga disebut hepatitis serum) disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). HBV dapat menyebabkan gejala spektrum yang luas mulai dari malaise (mual) umum untuk penyakit hati kronis yang dapat menyebabkan kanker hati.
HBV menyebar melalui cairan tubuh yang terinfeksi, seperti darah, air liur, air mani, cairan vagina, air mata, dan urine. Selain itu penyakit hepatitis tipe B ini juga dapat ditularkan melalui kontaminasi transfusi darah ataupun suntik (rawan bagi penderita narkoba) juga bisa penularan dari ibu ke anak.

Penyakit Hepatitis C

Hepatitis C virus (HCV) yang menyebar melalui kontak langsung dengan darah orang yang terinfeksi. Gejala-gejala dari virus hepatitis C bisa sangat mirip dengan hepatitis A dan virus B. Namun, infeksi HCV dapat mengakibatkan penyakit hati kronis dan penyakit hepatitis tipe C ini merupakan alasan utama untuk transplantasi hati di Amerika Serikat.

http://turunberatbadan.com/797/mengenal-penyakit-hepatitis/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar