Senin, 28 November 2011

PENGERTIAN MANAJEMEN UMUM

Berikut pengertian manajemen menurut beberapa ahli :

  1. Manajemen adalah seni dan ilmu perencanaan
    pengorganisasian,penyusunan,pengarahan dan pengawasan daripada
    sumberdaya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. (By : Drs. Oey Liang Lee )
  2. Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian dan
    penggunakan sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan
    organisasi tang telah ditetapkan. (By : James A.F. Stoner)
  3. Manajemen merupakan suatu proses khas yang terdiri dari
    tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan
    pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran yang
    telah ditentukan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya
    lainnya. (By : R. Terry )
  4. Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.(By : Lawrence A. Appley)

  5. Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. (By : Horold Koontz dan Cyril O’donnel )

Sebenarnya ada banyak versi mengenai definisi manajemen, namun demikian pengertian manajemen itu sendiri secara umum yang bisa kita jadikan pegangan adalah :

“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan,
seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan
pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai
tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan
sumberdaya lainnya”


1. Definisi Manajemen (Stoner)
 
Proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengawasan
terhadap usaha-usaha para anggota organisasi dengan menggunakan sumber
daya organisasi lainnya, agar mencapai tujuan organisasi yang telah
ditetapkan.

2. Definisi Manajemen (Koonentz & Donnel )

* Menitikberatkan pada pemenfaatan orang-orang dalam mencapai tujuan

* Agar tujuan dapat dicapai orang-orang tersebut harus mempunyai
tugas, tanggung jawab dn wewenang yang jelas (job description)


3. Definisi Manajemen (Umum)

Suatu metode/teknik atau proses untuk mencapai suatu tujuan tertentu
secara sistematik dan efektif, melalui tindakan-tindakan perencanaan
(Planning), pengorganisasian (Organizing), pelaksanaan (Actuating) dan
pengawasan (Controlling) dengan menggunakan sumber daya yang ada secara
efisien



4. Management in

* Manajemen sebagai ilmu pengatahuan (management as a science)
adalah bersifat interdisipliner yang mana mempergunakan bantuan dari
ilmu-ilmu sosial, filsafat dan matematika

* Manajemen sebagai suatu sistem (management as a system) adalah
kerangka kerja yang terdiri dari beberapa komponen/bagian, secara
keseluruhan saling berkaitan dan diorganisir sedemikian rupa dalam
rangka mencapai tujuan organisasi

Di bawah ini adalah definisi dari kata manajemen :



1. Pengertian Manajemen Menurut James A.F. Stoner

Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian,
kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta
penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai
tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.



2. Pengertian Manajemen Menurut Mary Parker Follet

Manajemen adalah suatu seni, karena untuk melakukan suatu pekerjaan melalui orang lain
dibutuhkan keterampilan khusus.

* Manajemen sebagai suatu fungsi (management as a function)
adalah suatu rangkaian kegiatan yang masing-masing kegiatan dapat
dilaksanakan tanpa menunggu selesainya kegiatan lain, walaupun kegiatan
tersebut saling berkaitan dalam rangka untuk mencapai tujuan organisasi



* Manajemen sebagai suatu proses (management as a process)
adalah serangkaian tahap kegiatan yang diarahkan pada pencapaian suatu
tujuan dengan pemanfaatan semaksimal mungkin sumber-sumber yang tersedia

* Manajemen sebagai suatu profesi (management as a profession)
adalah suatu bidang kegiatan atau bidang keahlian tertentu, antara lain
profesi di bidang kedokteran, bidang teknik dan bidang hukum



* Manajemen sebagai kumpulan orang (management as people / group
of people) adalah suatu istilah yang dipakai dalam arti kolektif untuk
menunjukkan jabatan kepemimpinan di dalam organisasi antara lain
kelompok pimpinan atas, kelompok pimpinan tengah dan kelompok pimpinan
bawah .

http://raiutama.multiply.com/journal/item/307/Definisi_Manajemen

4 komentar:

  1. terima kasih info tentang manajemen itu sangat berguna sekali. dan oekerjaan sebagai konsultan manajemen masih sangat dibutuhkan

    BalasHapus
  2. Mengapa manajemen harus di pelajari.

    BalasHapus
  3. blog yang buruk, seharusnya tulisanya warna putih saja atau di seimbangakan dengan background saudara sehinga bisa di lihat dan bisa di pahami

    BalasHapus
  4. https://www.jendelaku.com/2020/04/pelaksanaan.html

    BalasHapus