Rabu, 04 Desember 2013

PENGERTIAN QUERY

 Pengertian query
 Query adalah suatu bahasa yang digunakan untuk melakukan manipulasi terhadap database yang telah distandarkan dan dikenal dengan nama Structured Query Language (SQL).
Query adalah kemampuan untuk menampilkan suatu data dari database yang diambil dari table-tabel yang ada di dalam database, namun tabel tersebut tidak semua ditampilkan sesuai dengan yang kita inginkan.
Contoh Program Aplikasi Query : Ms. Accsess, My SQL, Oracle Database, Open Office Base.
Query dibedakan menjadi 2, yaitu :
  1. Untuk membuat atau mendefinisikan obyek-obyek database seperti membuat tabel, relasi, dan sebagainya. Biasanya disebut dengan Data Definition Language (DDL).
  2. Untuk memanipulasi data biasanya dikenal dengan Data Manipulation Language (DML).
Jenis Query di Access :
Select query
adalah jenis query yang paling umum. Dapat digunakan select query untuk membuat, mengelompokkan data, dan menghitung jumlah dengan sum, menghitung dengan count, menghitung rata-rata, dan menghitung total.
Parameter query
adalah bahwa ketika query dijalankan akan menampilkan kotak dialog yang diminta untuk mengisi parameter atau nilai variabel, seperti kriteria untuk mengambil record atau nilai yang ingin Anda masukkan dalam lapangan.
Crosstab query
untuk menghitung dan restrukturisasi data agar analisis data lebih mudah. Crosstab query menghitung jumlah sum, rata-rata, jumlah count, atau jenis lain dari total data yang dikelompokan oleh dua jenis informasi – satu di sisi kiri dari datasheet dan yang lain di bagian atas.
Action query
Sebuah action query adalah query yang membuat update pada banyak record hanya dalam satu operasi. Ada empat jenis action query:
  1. Delete Queries Sebuah delete query menghapus sekelompok record dari satu atau lebih tabel.
  2. Update Query Sebuah update query membuat perubahan menyeluruh untuk sekelompok record dalam satu atau lebih tabel.
  3. Append Query Append query menambahkan sekelompok record dari satu tabel atau lebih pada akhir satu atau lebih tabel.
  4. Make-Table Query Make-table query dapat membuat tabel baru dari seluruh atau sebagian dari data dalam satu atau lebih tabel.
SQL Queries, atau bisa juga disebut SQL specific queries adalah query yang dibuat secara langsung menggunakan bahasa SQL. Pada prinsipnya, semua query sebenarnya dibuat menggunakan bahasa SQL kendatipun dalam tampilannya sudah berbentuk visual (design view). Namun tidak semua query dapat dibuat secara langsung menggunakan mode visual ini. Khusus untuk SQL queries ini Anda hanya dapat membuatnya menggunakan bahasa SQL yang diketik langsung di mode SQL View. SQL queries ini dibagi lagi menjadi empat jenis, yaitu:
a.       Union Query, digunakan untuk menggabungkan beberapa field didalam beberapa table menjadi satu field.
b.      Pass-through Query, digunakan untuk menjalankan query dengan sumber data dari ODBC database, seperti SQL-Server, FoxPro, dan lain-lain. Dengan pass-through query, kita dapat langsung terkoneksi dengan sumber data tanpa harus membuat dahulu link-table nya. Pass-through query dapat juga digunakan untuk menjalankan stored procedures didalam SQL Server.
c.       Data-definition Query, digunakan untuk membuat structure table tanpa datanya, dimana structure table ini kita sendiri yang mendefinisikannya. Query ini dapat pula digunakan untuk menghapus, mengubah, dan menambahkan index kedalam tabel. Dilihat dari cara kerjanya, query jenis ini sebenarnya dapat dikelompokkan kedalam jenis action queries. Namun karena action queries umumnya dapat dibuat secara visual dan berhubungan dengan data secara langsung, dan data-definition query ini sebaliknya, maka ia dikelompokkan kedalam SQL Queries.
d.      Subquery, yaitu query yang terdiri dari query lainnya, seperti dari select queries, action queries atau bahkan dari subquery lagi.
Pembuatan Query
Membuat query didalam Access bisa dilakukan dengan tiga cara, yaitu:
·        Menggunakan fasilitas wizard
·        Secara design view
·        Menggunakan kode SQL
Dari semua jenis query sebagaimana yang sudah disebutkan pada pelajaran sebelumnya, kendatipun diantaranya dapat dilihat dan dibuat secara visual (mode design view), tetaplah query tersebut bekerja diatas kode-kode SQL. Jadi sangat penting bagi kita selain memahami pembuatan query ini secara wizard maupun design view, adalah mempelajari dan memahami kode-kode SQL yang dibuat secara otomatis didalamnya.
Manfaat Query :
  1. Menampilkan data-data tertentu pada suatu table
  2. Menampilkan data dari dua table atau lebih dengan syarat anatr table itu ada field yang berhubungan.
  3. Dapat melakukan operasi perhitungan.
Operation independence :  kebebasan untuk membuat suatu data.  Independensi data adalah jenis transparansi data yang penting untuk DBMS terpusat. Ini mengacu pada kekebalan aplikasi pengguna untuk membuat perubahan dalam definisi dan organisasi data. Independensi data dan operasi independensi bersama-sama memberikan fitur data abstraksi.
 Rule Deduksi :
Rule deduksi secara logis setara dengan formula tunggal dalam multisorted logika orde pertama.  Formula itu memiliki bentuk implikasi yang logis. Rule deduksi secara logis setara dengan rumus yang diperoleh  dari gabungan hipotesis yang menyiratkan gabungan dari kesimpulannya. Jadi, contoh pertama secara logis setara dengan formula x <y / \ y <z => x <z.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar