Senin, 24 Juni 2013

Komunikasi Data dan Jaringan Komputer




  * Dasar Telekomunikasi dan Komunikasi Data
Telekomunikasi menyatakan segala bentuk komunikasi jarak jauh yang menggunakan peralatan seperti telepon, televisi, radio, kabel, telegraf, dan satelit . Teknologi komunikasi merupakan teknologi yang memungkinkan seseorang dapat mengirimkan informasi atau menerima informasi ke atau dari pihak lain yang letaknya berjauhan . Teknologi inilah yang membuat jarak seperti tak ada lagi . Ribuan atau bahkan kiloan meter bukanlah menjadi hambatan untuk berkomunikasi secara online karena kehadiran teknologi telekomunikasi . Telpon genggam merupakan contoh produk teknologi telekomunikasi yang telah menjadi bagian hidup dari kebanyakan orang .
Telekomunikasi merupakan istilah yang bermakna luas, yang mencakup bai suara ( telepon ) maupun komunikasi data ( teks dan gambar ) . Jadi, komunikasi data hanyalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan perpindahan data/informasi dalam bentuk digital dari suatu peranti ke peranti yang lain .

  * Sistem Komunikasi Data
                Komunikasi data yang melibatkan dua buah simpul (umumnya berupa komputer, tetapi juga bisa berupa peralatan yang lain) .
Komponen-komponen penting yang menyusun sistem komunikasi data, antara lain :
1.   Komputer untuk memproses data .
2.   Terminal atau peralatan masukan/keluaran untuk mengirim atau menerima data .
3. Media transmisi (media yang menghubungkan antara pengirim dan penerima) .
4. Prosesor komunikasi, yang mendukung pengiriman atau penerimaan data via media transmisi .
5. Perangkat lunak yang megontrol kegiatan pertukaran informasi . 

  * Macam Isyarat
                Data/informasi yang disampaikan melalui media transmisi berwujud isyarat listrk . Macam isyarat yang melalui media tersebut dapat berupa :
·   Isyarat analog
·   Isyarat digital

     Isyarat Analog
                Isyarat analog biasa juga disebut isyarat kontinyu, karena bentuknya berupa gelombang yang kontinyu, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristiknya gelombang .
            Dua parameter/karakteristik terpenting yang dimiliki oleh isyarat analog , yaitu amplitudo dan frekuensi . Jika dikaitkan dengan suara, ketinggian gelombang ditentukan oleh amplitudo, yang menentukan keras tidaknya suara, sedangkan frekuensi menentukan jumlah siklus gelombang dalam satu detik, yang berimplikasi pada kenyaringan suara (melengking atau tidak) . 

     Isyarat Digital      
                Isyarat digital biasa juga disebut isyarat diskret . Isyarat ini tersusun atas dua keadaan, yang biasa disebut bit . Keadaan 1 dapat diperoleh dengan misalnya diwakili oleh tegangan +5 volt dan keadaan 0 diwakili oleh 0 volt . Bit merupakan istilah khas pada isyarat digital . Sebuah bit dapat berupa nilai 0 (nol) atau 1 (satu) . Kemungkinan nilai untuk sebuah bit adalah 2 buah (21) . Kemungkinan nilai untuk 2 buah bit adalah sebanyak 4 (22), berupa 00, 01, 10, dan 11 . Kemungkinan nilai untuk 3 buah bit berupa 000, 001, 010, 100, 101, 110, dan 111 (23) . Secara umum, jumlah kemungkinan nilai yang terbentuk oleh kombinasi n buah bit adalah sebesar 2n buah . Sebagai contoh, dalam sistem ASCII, huruf A dinyatakan dengan 01000110 .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar